Proses Pendidikan
Aktivitas pendidikan dapat
digambarkan sebagai suatu sistem yang unsur-unsur/komponennya adalah input,
proses, dan output.
Proses pendidikan merupakan
kegiatan utama pengubahan input (siswa) menjadi output (keluaran) disinilah
peran utama pendidikan. Dalam aktivitas pendidikan tidak hanya melihat hasil, tetapi
justru yang paling penting adalah
prosesnya, (perolehan ilmu pengetahuan dan keterampilannya-learning proses).
Anak didik yang hasil belajarnya baik (skore 80) belum tentu karena adanya
pemahaman (in sight) tentang materi, mungkin disebabkan adanya
kecurangan-kecurangan dalam mengikuti tes.
Dalam diagram diatas, tampak
bahwa proses transformasi pendidikan:
a)
sangat dipengaruhi oleh adanya instrumental
input yang terdiri dari
1)
manusia, baik guru, orang tua murid dan
administrator
2)
metode yang digunakan, dan
3)
material lain yang mungkin dapat dimanfaatkan
untuk belajar (alat-alat pendidikan)
b)
pendidikan dapat dilihat sebagai sistim. Sistem
adalah gabungan komponen-komponen yang saling berinteraksi dan beriterfungsi
untuk mencapai tujuan.
Dapat pula dikatakan bahwa
berpikir sistem artinya memandang obyek secara keseluruhan dari bagian-bagian
sistimatis dalam mencapai tujuan. Komponen ialah bagian dari sistem yang dapat
dibagi menjadi:
1)
komponen integral, yaitu komponen yang sangat
mempengaruhi fungsi sistem, dan
2)
komponen non integral, yaitu komponen yang
berfungsi sebagai pelengkap
Apa yang dimaksud dengan supra sistem?
Apabila
bagian dari suatu obyek dipandang sebagai sistem, maka keseluruhan yang ada
disebut supra sistem. Bilan bagian dari obyek disebut komponen, maka
keseluruhan yang ada dikatakan sistem.
Contoh: Pemerintahan.
Apabila departemen-departemen
dipandang sebagai sistem, maka pemerintahan adalah supra sistem. Apabila
departemen-departemen dipandang sebagai komponen, maka pemerintahan adalah sistem.
Apa yang dimaksud dengan komponen pengajaran?
Komponen pengajaran ialah
bagian-bagian yang saling berinteraksi dan berinterfungsi mencapai tujuan
belajar, yang terdiri dari tujuan, materi, motode, media, pengelolaan,
evaluasi, pengembangan, sarana, guru, dan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar