Halaman

Minggu, 16 Desember 2012

Pengertian dan Landasan Pendidikan


Kata Pengantar

Pertama-tama kami panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah ini berisi penjelasan tentang pengertian pendidikan menurut beberapa ahli serta landasan-landasan pendidikan itu sendiri.
Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Kami sebagai penyusun meyadari dalam penyusunan makalah ini belum sempurna mengingat adanya kemampuan dan pengetahuan yang terbatas, maka dari itu kami mengharapkan saran dan kritiknya demi penyempurnaan makalah ini.
Demikianlah makalah yang dapat kami buat. Semoga materi yang kami sajikan dapat dipahami dengan seksama, serta dapat bermanfaat bagi para pembacanya.







Jakarta, 27 November 2012
Penyusun









                                                                      Daftar Isi
                                                                             

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………….                1
Daftar Isi……………………………………......        ........................................................................... 2
Bab I - Pendahuluan.................................. ……………................................................. ..................3   
Bab II - Pembahasan.……………………………………………………………………………...4
Bab III - Penutup…………………………………………………………………………………..7
Daftar Pustaka……………………………………………………………………………………..8






















BAB I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan yang sekaligus membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Hewan juga “belajar” tetapi lebih ditentukan oleh instinknya, sedangkan manusia belajar berarti merupakan rangkaian kegiatan menuju pendewasaan guna menuju kehidupan yang lebih berarti.
Pada umumnya pendidikan dikatakan sebagai pranata yang dapat menjalankan tiga fungi sekaligus. Pertama, mempersiapkan generasi muda untuk untuk memegang peranan-peranan tertentu pada masa mendatang. Kedua, mentransfer pengetahuan, sesuai dengan peranan yang diharapkan. Ketiga, mentransfer nilai-nilai dalam rangka memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat sebagai prasyarat bagi kelangsungan hidup masyarakat dan peradaban. Landasan Pendidikan marupakan salah satu kajian yang dikembangkan dalam berkaitannya dengan dunia pendidikan.
Oleh karena itu, landasan Pendidikan diperlukan dalam dunia pendidikan khususnya di negara kita Indonesia,agar pendidikan yang sedang berlangsung dinegara kita ini mempunyai pondasi atau pijakan yang sangat kuat karena pendidikan di setiap negara tidak sama.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Definisi pendidikan ditinjau dari beberapa batasan arti dan pengertian secara keseluruhan.
2.    Pembagian batasan menurut fungsinya
3.      Pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi
4.      Pendidikan sebagai penyiapan tenaga kerja
5.    Landasan Pendidikan




1.3   Tujuan
1.      Untuk mengetahui definisi pendidikan
2.      Untuk mengetahui batasan menurut fungsinya
3.      Untuk mengetahui bagaimana pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi
4.      Untuk mengetahui bagaimana pendidikan sebagai suatu penyiapan tenaga kerja
5.      Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan landasan pendidikan

BAB II
Pembahasan

2.1 Definisi Pendidikan

Berikut ini merupakan definisi pendidikan yang ditinjau dari beberapa batasan :
1.      Menurut Prof. Dr. N. Drijarkara (dilihat dari filsafat pendidikan)
Menurut Prof. Dr. N. Drijakara, pendidikan adalah Pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insani.
2.      Menurut Prof. Dr. M. J Langeveld
Menurut Prof. Dr. M. J. Langeveld, pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan, dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju pada kedewasaan anak atau lebih tepat membantu anak agar cakap melaksanakan tugasnya sendiri.
3.      Menurut Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup dan tumbuhnya anak-anak maksudnya pendidikan itu menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-setingginya.
4.      Menurut John Owey (dilihat dari sosiologis pendidikan)
Menurut John Owey, pendidikan adalah proses membangun dan membawa. Sedangkan menurut Francis J. Brown, pendidikan adalah proses kontrol yang memperhatikan perubahan perilaku yang dihasilkan seseorang dan seseorang dalam kelompok.
5.      Menurut Francic J. Brown

Education is the consciously controlled process whereby changes in behavior are produced in the person and through the person within the group.
6.      Menurut Arthur K.Ellis, John J Cogan dan Kenneth R Howey (dilihat dari psikologi belajar)
Menurut Arthur K. Ellis, John J. Cogan, dan Kenneth R. Howey, pendidikan adalah jumlah total dari pengalaman belajar seseorang selama hidupnya, bukan hanya dalam pengalaman pendidikan formal. Ini adalah proses dimana seseorang mendapatkan, mengerti dirinya sendiri seperti mengerti lingkungannya.
7.      Menurut GBHN
Pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa.

2.2 Batasan Menurut Fungsinya
Pendidikan sebagai proses transformasi budaya artinya bahwa pendidikan itu diartikan sebagai pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Ada 3 bentuk transformasi yaitu :
1.      Nilai yang masih cocok diteruskan, misalnya nilai kejujuran.
2.      Nilai yang kurang cocok diperbaiki, misalnya tata cara perkawinan dsb.
3.      Nilai yang tidak cocok diganti, misalnya pendidikan seks.

2.3 Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi
Sebagai proses pembentukan pribadi pendidikan diartikan sebagai suatu kegiatan sistemis serta sistematik. Sistemis yaitu proses pendidikan berlangsung melalui tahapan yang berkesinambungan sedangkan sistematik yaitu pendidikan berlangsung dalam semua situasi lingkungan yang saling mengisi (keluarga, sekolah, dan masyarakat). Proses pembentukan pribadi dapat dilakukan melalui komunikasi antar orang dewasa dan anak.
Untuk itu, iklim belajar harus demokratis, penuh penghargaan dan persamaan, serta terbuka. Dengan kondisi yang demikian dapat tercipta pribadi yang mandiri, percaya diri, serta bertanggung jawab.



2.4 Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja
Pendidikan diartikan sebagai bimbingan sebagai bimbingan kepada anak didik untuk mengembangkan bakat yang dapat digunakan untuk bekerja, karena bekerja merupakan kebutuhan dalam kehidupan manusia.
UUD ’45 Pasal 25 menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
Dalam GBHN dinyatakan pengembangan Sumber Daya Manusia dan menciptakan angkatan kerja Indonesia yang tangguh, mampu dan siap bekerja sehingga dapat mengisi semua jenis, tingkat lapangan kerja dan pembangunan nasional.

2.5 Landasan Pendidikan
Pendidikan adalah suatu yang universal dan berlangsung terus menerus dari generasi ke generasi. Pemahaman tentang landasan pendidikan adalah sangat penting untuk digunakan dalam pengambilan keputusan dan tindakan yang tepat dalam pendidikan.
Wawasan pendidikan yang tepat akan dapat member peluang yang lebih besar dalam merancang program pendidikan  serta tindakan yang dilakukan dalam pendidikan harus diujikan kebenarannya.
Pendidikan sebagai usaha sadar yang sistematis-sistemik selalu bertolak dari sejumlah landasan serta pengindahan sejumlah asas-asas tertentu. Landasan dan asas tersebut sangat penting, karena pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembangan manusia dan masyarakat bangsa tertentu. Beberapa landasan pendidikan tersebut adalah landasan filosofis, sosiologis, dan kultural, yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan untuk mnjemput masa depan.







BAB III
Penutup

3.1  Kesimpulan
1.        Pendidikan adalah aktivitas pengembangan diri melalui pengalaman, bertumpu pada kemampuan diri dan belajar dibawah bimbingan pengajar.
2.        Pendidikan sebagai proses transformasi budaya (pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi selanjutnya).
3.         Landasan pendidikan dapat dilihat dari sudut pandang filosofis, sosiologis, kultural, dan psikologis.



1 komentar:

  1. Casino Queen – Casino Kingdom
    Casino Queen Review 더킹카지노 for 2021. Casino Kingdom offers 100% up to $200 for new players. Get up to 카지노사이트 the $200 welcome クイーンカジノ bonus,  Rating: 3.3 · ‎Review by Casino Kingdom

    BalasHapus