1. PENGERTIAN PENDIDIK
Arti dasar : orang yang mendidik.
Pendidik ialah semua orang yang memiliki tanggung jawab untuk
mendidik, termasuk di dalamnya orang tua di rumah dan para guru di sekolah.
2. FUNGSI PENDIDIK
Menurut Ki Hadjar Dewantara, fungsi pendidik antara lain :
1.
Menjadi contoh/teladan
2.
Menjadi penggerak bila berada
di tengah-tengah
3.
Mengikuti sambil mengawasi dari
belakang
Seorang pendidik harus memiliki kewibawaan. Kewibawaan
adalah factor diri yang dapat menimbulkan rasa segan dan percaya sehingga siswa
patuh mengikuti anjuran guru karena adanya rasa hormat dan perasaan senang.
3. MACAM-MACAM PENDIDIK
Dalam hal ini kita dapat membedakan pendidik itu menjadi 2 kategori,
yaitu :
1. Pendidik menurut kodrati,
yaitu orang tua Pendidik yang bersifat kodrati sebagai orang tua, wajib pertama
kali memberikan didikan kepada anaknya. Selain asuhan, kasih sayang, perhatian
dan sebagainya. Orang tua adalah pendidik pertama dan utama.
2. Pendidik menurut jabatan,
yaitu guru, dosen. Pendidikan menurut jabatan
adalah guru sebagai pendidik yang menerima tanggung jawab dari tiga pihak,
yaitu orang tua, masyarakat dan negara. Tanggung jawab orang tua diterima guru
atas kepercayaan yang mampu memberikan pendidikan dan pengajaran serta
diharapkan pula dari pribadi guru yang dapat memancarkan sikap-sikap yang
normatif baik, sebagai kelanjutan dari sikap orang tua pada umumnya.
Dengan melakukan kedua hal diatas, maka tujuan
pendidikan menjadikan manusia yang berakhlak bisa diwujudkan. Guru sebagi
pengontrol, pembimbing dan pendidik bagi peserta didik. Pendidikan yang di
berikan guru bukan hanya menyangkut materi atau pengetahuan saja tetapi juga
tingkah laku, akhlak serta kepribadian. Karena sekolah merupakan rumah kedua
bagi peserta didik dan sebagian besar dari waktu dihabiskan di sekolah bersama
teman-teman serta guru. Pendidik memberikan pengetahuan yang belum diketahui
peserta didik, meluruskan atau memperbaiki kesalahan peserta didik serta
membimbing pengetahuan yang dimiliki peserta didik agar menjadi lebih cermat
lagi.
4. TUGAS PENDIDIK
Menurut Abu Ahmadi & Nur Uhbayati (2007:242) tugas pendidik itu
dapat dikelompokkan dalam tiga hal, yaitu:
1. Tugas educational (
pendidikan) Dalam tugas educational ini, pendidik mempunyai tugas memberi
bimbingan yang lebih mengarahkan pada pembentukan “kepribadian” peserta didik.
Sehingga peserta didik akan menjadi manusia yang mempunyai sopan santun tinggi,
mengenal kesusilaan, dapat menghargai pendapat orang lain, dan lain sebagainya.
2. Tugas instructional ( pengajaran ) Dalam hal ini, kewajiban
pendidik di titikberatkan pada perkembangan kecerdasan dan daya inteletual
peserta didik.
3. Tugas managerial ( pelaksanaan ) Dalam tugas ini, pendidik
berkewajiban mengelola kehidupan lembaganya dan pengelolaan itu meliputi:
a. Personal atau anak didik, yang lebih erat kaitaannya
dengan pembentukan kepribadian anak
didik,
b. Material atau sarana, yang meliputi alat-alat,
perlengkapan media pendidikan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan
pendidikan,
c.
Operasional atau tindakan yang dilakukan, yang menyangkut metode mengajar,
pelaksanaan mengajar, sehingga dapat terciptanya kondisi yang seoptimal mungkin
bagi terlaksanya proses belajar mengajar dan akan memberikan hasil yang
maksimal bagi peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar