APAKAH PENDIDIKAN ITU ?
M.J.
Langeveld (1995) :
- Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa
membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan
- Pendidikan
ialah
usaha menolong anak untuk melaksanakan tugastugas hidupnya, agar bisa
mandiri, akil-baliq, dan bertanggung jawab secara susila
- Pendidikan
adalah
usaha mencapai penentuan-diri-susila dan tanggung jawab
Pengertian
pendidikan secara umum:
Pendidikan
adalah : Usaha sadar yang dilakukan
menusia dewasa yang bertanggung jawab membantu
anak menjadi dewasa
Usaha sadar
: pendidikan akan terlaksana jika adanya keinginan yang kuat untuk merubah
sesuatu dalam diri kita, dari tahu menjadi lebih tahu, dari bisa menjadi lebih
bisa, dan dari baik menjadi lebih baik. Usaha pendidikan memiliki tujuan
tertentu sesuai jenjangnya.
a. Manusia
dewasa yang bertanggung jawab atas pendidikan terdiri dari :
-
Orang tua yang
bertanggung jawab terhadap pendidikan putra putrinya
-
Guru/pendidik,pelatih
yang bertanggung jawab sesuai penugasan yang diterimanya (jadi diperlukan surat
keputusan SK, untuk dapat melaksanakan kegiatan mengajar)
-
Tokoh masyarakat
(pejabat, kiayi, orang yang disegani) dapat membantu pendidikan sesuai dengan
proporsinya.
b. Cirri-ciri
Dewasa
-
Mandiri
-
Berguna bagi orang lain
-
Bertanggung jawab
-
Dapat menghargai
aturan/norma
c. Membantu
artinya dengan ikhlas, berniat baik tanpa merasa terpaksa
Pentingnya
pendidikan
Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam
kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap
untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti
suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup
dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat
penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga,
lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Seorang anak yang disayangi akan menyayangi keluarganya ,sehingga
anak akan merasakan bahwa anak dibutuhkan dalam keluarga. Sebab merasa keluarga
sebagai sumber kekuatan yang membangunya.Dengan demikian akan timbul suatu
situasi yang saling membantu,saling menghargai,yang sangat mendukung
perkembangan anak.Di dalam keluarga yang memberi kesempatan maksimum
pertumbuhan,dan perkembangan adalah orang tua.Dalam lingkungan keluarga harga diri
berkembang karena dihargai,diterima,dicintai,dan dihormati sebagai manusia
.Itulah pentingnya mengapa kita menjadi orang yang terdidik di lingkungan
keluarga.Orang tua mengajarkan kepada kita mulai sejak kecil untuk menghargai orang lain.
keluarga.Orang tua mengajarkan kepada kita mulai sejak kecil untuk menghargai orang lain.
Sedangkan di lingkungan sekolah yang menjadi pendidikan yang kedua
dan apabila orang tua mempunyai cukup uang maka dapat melanjutkannya ke jenjang
yang lebih tinggi dan akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi kemudian menjadi
seorang yang terdidik . Alangkah pentingnya pendidikan itu. Guru sebagai media
pendidik memberikan ilmunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Peranan guru
sebagai pendidik merupakan peran memberi bantuan dan dorongan ,serta
tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak dapat mempunyai
rasa tanggung jawab dengan apa yang dia lakukan. Guru juga harus berupaya agar
pelajaran yang diberikan selalu cukup untuk menarik minat anak .
Selain itu peranan lingkungan masyarakat juga penting bagi anak
didik . Hal ini berarti memberikan gambaran tentang bagaimana kita hidup
bermasyarakat.Dengan demikian bila kita berinteraksi dengan masyarakat maka
mereka akan menilai kita,bahwa tahu mana orang yang terdidik,dan
tidak terdidik. Di zaman Era Globalisasi diharapkan generasi muda bisa
mengembangkan ilmu yang didapat sehingga tidak ketinggalan dalam perkembangan
zaman. Itulah pentingnya menjadi seorang yang terdidik baik di lingkungan Keluarga,Sekolah,dan
Masyarakat.
Pendidikan formal, informal dan nonformal
Pendidikan formal
adalah kegiatan yang sistematis,
bertingkat/berjenjang, dimulai dari sekolah dasar sampai dengan
perguruan tinggi dan yang setaraf dengannya; termasuk
kedalamnya ialah kegiatan studi
yang berorientasi akademis dan umum,
program spesialisasi, dan latihan
professional, yang dilaksanakan dalam waktu yang terus menerus.
Pendidikan informal adalah
proses yang berlangsung sepanjang usia sehingga sehingga setiap orang
memperoleh nilai, sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang bersumber
dari pengalaman hidup sehari-hari, pengaruh
lingkungan termasuk di dalamnya adalah pengaruh kehidupan keluarga,
hubungan dengan tetangga, lingkungan pekerjaan dan permainan, pasar,
perpustakaan, dan media massa.
Pendidikan nonformal ialah setiap kegiatan teroganisasi dan
sistematis, di luar sistem persekolahan yang , dilakukan secara mandiri
atau merupakan bagian penting dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja
dilakukan untuk melayani peserta didik tertentu di dalam mancapai tujuan
belajarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar