Halaman

Minggu, 09 Desember 2012

MACAM-MACAM PENDIDIK


1. PENGERTIAN PENDIDIK
Arti dasar : orang yang mendidik.
Pendidik ialah semua orang yang memiliki tanggung jawab untuk mendidik, termasuk di dalamnya orang tua di rumah dan para guru di sekolah.

2. FUNGSI PENDIDIK
            Menurut Ki Hadjar Dewantara, fungsi pendidik antara lain :
1.      Menjadi contoh/teladan
2.      Menjadi penggerak bila berada di tengah-tengah
3.      Mengikuti sambil mengawasi dari belakang

Seorang pendidik harus memiliki kewibawaan. Kewibawaan adalah factor diri yang dapat menimbulkan rasa segan dan percaya sehingga siswa patuh mengikuti anjuran guru karena adanya rasa hormat dan perasaan senang.

3. MACAM-MACAM PENDIDIK
Dalam hal ini kita dapat membedakan pendidik itu menjadi 2 kategori, yaitu :
1. Pendidik menurut kodrati, yaitu orang tua Pendidik yang bersifat kodrati sebagai orang tua, wajib pertama kali memberikan didikan kepada anaknya. Selain asuhan, kasih sayang, perhatian dan sebagainya. Orang tua adalah pendidik pertama dan utama.
2. Pendidik menurut jabatan, yaitu guru, dosen. Pendidikan menurut  jabatan adalah guru sebagai pendidik yang menerima tanggung jawab dari tiga pihak, yaitu orang tua, masyarakat dan negara. Tanggung jawab orang tua diterima guru atas kepercayaan yang mampu memberikan pendidikan dan pengajaran serta diharapkan pula dari pribadi guru yang dapat memancarkan sikap-sikap yang normatif baik, sebagai kelanjutan dari sikap orang tua pada umumnya.
Dengan melakukan kedua hal diatas, maka tujuan pendidikan menjadikan manusia yang berakhlak bisa diwujudkan. Guru sebagi pengontrol, pembimbing dan pendidik bagi peserta didik. Pendidikan yang di berikan guru bukan hanya menyangkut materi atau pengetahuan saja tetapi juga tingkah laku, akhlak serta kepribadian. Karena sekolah merupakan rumah kedua bagi peserta didik dan sebagian besar dari waktu dihabiskan di sekolah bersama teman-teman serta guru. Pendidik memberikan pengetahuan yang belum diketahui peserta didik, meluruskan atau memperbaiki kesalahan peserta didik serta membimbing pengetahuan yang dimiliki peserta didik agar menjadi lebih cermat lagi.

4. TUGAS PENDIDIK
Menurut Abu Ahmadi & Nur Uhbayati (2007:242) tugas pendidik itu dapat dikelompokkan dalam tiga hal, yaitu:
 1. Tugas educational ( pendidikan) Dalam tugas educational ini, pendidik mempunyai tugas memberi bimbingan yang lebih mengarahkan pada pembentukan “kepribadian” peserta didik. Sehingga peserta didik akan menjadi manusia yang mempunyai sopan santun tinggi, mengenal kesusilaan, dapat menghargai pendapat orang lain, dan lain sebagainya.
2. Tugas instructional ( pengajaran ) Dalam hal ini, kewajiban pendidik di titikberatkan pada perkembangan kecerdasan dan daya inteletual peserta didik.
3. Tugas managerial ( pelaksanaan ) Dalam tugas ini, pendidik berkewajiban mengelola kehidupan lembaganya dan pengelolaan itu meliputi:
a. Personal atau anak didik, yang lebih erat kaitaannya dengan    pembentukan kepribadian anak didik,
b. Material atau sarana, yang meliputi alat-alat, perlengkapan media pendidikan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan,
c. Operasional atau tindakan yang dilakukan, yang menyangkut metode mengajar, pelaksanaan mengajar, sehingga dapat terciptanya kondisi yang seoptimal mungkin bagi terlaksanya proses belajar mengajar dan akan memberikan hasil yang maksimal bagi peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar